Senin, 02 Februari 2015

Tips Merawat Adaptor (Charger) Laptop

Charger atau adaptor laptop sering kali rusak bila penggunaan dan penyimpanannya tidak benar. Padahal adaptor berfungsi untuk mensuply power untuk laptop, dan bila kondisinya tidak bagus bisa menimbulkan kerusakan pada laptop anda.

Penggunaan adaptor yang benar akan membantu mengurangi resiko kerusakan pada laptop Anda dan menjaga uang di kantong Anda agar tidak terbuang sia-sia, gara-gara adaptor bermasalah yang menyebabkan laptop Anda rusak.


Tips Merawat Adapter :

  1. Gulunglah adapter dengan baik dan benar, Jangan melilitkan pada kotak adapter.
  2. Pada saat menggunakan adapter, pastikan kabel tidak terjepit atau tertindih sesuatu. Karena bisa merusak kabel bagian dalam.
  3. Jangan menggulung kabel terlalu kencang sehingga pangkal kabelnya ikut tergulung atau bengkok. 
  4. Hindarkan melilitkan kabel di atas adaptor, karena beresiko pada membengkoknya pangkal kabel, lebih lagi bila adaptor dibawa di dalam tas.
  5. Pada saat memasang adaptor ke laptop jika terasa keras, sebaiknya hentikan karena posisi pemasangan jack yang miring akan merusak jack adaptor atau jack laptop.
  6. Jaga suhu adaptor, beberapa adapter bawaan laptop sering kali melepuh ketika kepanasan.
  7. Jika adapter sudah sering terputus-putus ketika digunakan lebih baik segera ganti adapter. Karena harga adapter jauh lebih murah dibandingkan membeli motherboard atau baterai baru.
  8. Hindarkan penggunaan pada stop kontak yang voltase listriknya naik turun, atau gunakan stabilizer.
  9. Lakukan pengecasan baterei sebelum habis sama sekali karena pengecasan baterei yang kosong akan membutuhkan aliran listrik yang besar, hal ini untuk menghindari kerja adaptor yang berat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar