Senin, 02 Februari 2015

Fan Laptop / notebook

Info dasar:
Fan atau Kipas pendingin, adalah salah satu kelengkapan pada laptop. Fungsi utama dari sebuah fan adalah mengeluarkan panas dan menjaga agar CPU atau Processor tetap dalam suhu yang masih dapat ditolerir oleh CPU tersebut.


Beberapa faktor utama penyebab laptop over heat:
-Penggunaan aplikasi yang berat (game atau grafis)
-Fan tersumbat debu
-Thermal pad atau umumnya pasta processor sudah kering (2 tahun)
-Faktor penempatan saat penggunaan
 
Tips perawatan laptop
 
- Hindari penggunaan laptop beralaskan bantal, diatas kasur, diatas tumpukan baju, diatas karpet kotor dsb. mengapa? kebanyakan laptop menggunakan sistem pendinginan mengalirkan udara dari bawah dihisap menggunakan Fan (didalam laptop) dan dialirkan menuju heatsink(logam peredam panas) dan dibuang ke samping atau kebelakang, (lihat gambar diatas). nah, jika laptop anda diletakan diatas karpet kotor, kasur, bantal dsb maka itu akan sangat menganggu sistem pendinginan, bahkan tidak jarang laptop seakan berfungsi sebagai vacum cleaner dan celah udara rapat penuh debu.

 
 
-Umumnya untuk pengecekan cukup nyalakan laptop selama kurang lebih 15 menit dan dalam kondisi tanpa menjalankan program apapun (fan akan mulai berfungsi ketika temperatur laptop mulai naik), kemudian cek apakah fan berputar normal,coba dekatkan jari tangan didepan fentilasi fan, apapakah udara keluar dan suhu terasa panas? laptop yang baik pada kondisi seperti ini wajarnya tidak mengalami kenaikan temperatur yang signifikan. Namun jika hal ini terjadi maka perlu dilakukan penanganan dini sebelum fatal. umumnya dilakukan ganti pasta processor dan thermal pad vga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar