Kamis, 29 Januari 2015

MEMBUAT CHARGER BATERAI OTOMATIS



Charger baterai NICAD dapat dibuat dengan tambahan rangkaian kontrol otomatis untuk memutuskan arus pengisian baterai secara otomatis pada saat baterai telah terisi secara penuh. Metode monitoring kondisi baterai penuh pada rangkaian charger baterai NICAD otomatis dengan IC 555 ini adalah dengan memonitor tegangan baterai dan membandingkannya dengan tegangan referensi baterai yang dapat diseting sesuai kebutuhan.

Rangkaian charger baterai ini memanfaatkan 2 buah komparator internal IC Timer NE555. Rangkaian ini dapat digunakan untuk mengisi muatan baterai Nicad 2 sampai 4 cell yang dipasang seri sekaligus. Rangkaian charger baterai otomatis dengan IC 555 ini dapat mengisi baterai Nicad secara langsung dan akan otomatis menghentikan proses pengisian baterai Nicad tersebut apabila baterai Nicad tadi telah penuh. Prinsip kerja dari rangkaian ini adalah membaca titik puncak tegangan battery nicad pada saat kondisi full charge.

Gambar Rangkaian Charger Baterai Otomatis Dengan IC 555


Rangkaian Charger Baterai NICD Otomatis Dengan IC 555 diatas dapat memutuskan proses charging dengan teknik membaca tegangan puncak battery. Referensi tegangan puncak di set ke 4 x tegangan 1 cell baterai kondisi penuh (1,47 Vot) yaitu 5.88 VDC. Sehingga pada saat ke 4 batrerai tersebut penuh maka komparator internal NE555 akan merespon dan kemudian memutus arus pengisiaqn battery. Apabila ingin menggunakan Charger Baterai NICD Otomatis Dengan IC 555 ini untuk mengisi battery nicad tidak 4 buah maka tinggal mengatur saja tegangan referensi ke nilai tegangan penuh baterai yang diinginkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar